Wayang Sebagai Alat Pemersatu Bangsa
10:10 PM | Author: Herr

Sabtu, 13 Desember 2008, 12:43 WIB



Wayang merupakan salah satu unsur jati diri bangsa Indonesia dan mampu membangkitkan rasa solidaritas menuju persatuan. Wayang mempunyai peran yang bermakna dalam kehidupan dan pembangunan budaya khususnya guna membentuk watak bangsa. Oleh karena itu usaha untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian wayang harus terus menerus ditingkatkan.

Pada tahun 2008 ini Festival Wayang Indonesia ke-2 diselenggarakan di Yogyakarta setelah Surabaya yang menjadi tuan rumah pada Festival wayang Indonesia pertama. Acara ini adalaha sebuah perhelatan akbar dibidang kebudayaan yang diprakrasai oleh PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) didukung SENA WANGI (Sekretariat Nasional Wayang Indonesia) dan mitra wayang.

Dalam sambutannya, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa ada empat nilai yang tersirat dalam hakekat wayang yaitu, wayang bernapaskan keluasaan pandangan yang mengedepankan dialog dalam perbedaan, wayang bernapaskan toleransi terhadap pluralitas untuk menerima komunitas lain, wayang mengandung kadar kemanusiaan yang dapat memperlihatkan kenyataan bahwa dalam kelas sosial ada orang baik da orang buruk, wayang bukan sederetan ajaran teoritis melainkan wayang berbicara lewat contoh konkrit. "Wayang adalah wahana untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia menjadi lebih bermutu," tambahnya.

Dalam perhelatan akbar ini akan diselenggarakan Sidang APA (ASEAN Puppetry Association) dan MUNAS V PEPADI yang berlangsung pada tanggal 13-17 Desember 2008. Festival Wayang Indonesia ini kan diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta dengan menampilkan delapan belas peserta dari Komda-komda PEPADI dari Provinsi : Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Lampung, Kalimantan Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Nusa Tenggara Barat, D.I. Yogyakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Papua, Jawa Timur, Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini diharapkan ikut memberi sumbangsih dalam membangun budaya bangsa dan menjadikan wayang menjadi alat persatuan antar bangsa dan membangun budi pekerti bangsa. "Festival Wayang Indonesia ini memiliki peran yang strategis dalam pelestarian dan pengembangan wayang, utamanya untuk para dalang," pungkas Solichin, Ketua Umum SENA WANGI.
This entry was posted on 10:10 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: