Rabu, 17 Desember 2008 09:58 WIB
Bank Sentral Arab Saudi Pangkas Suku Bunga 0,5 Poin

RIYADH--MI: Bank Sentral Arab Saudi pada Selasa (16/12), memangkas suku bunga utamanya 0,5 poin, karena eksportir minyak terbesar dunia itu merasakan tolakan ke belakang dari pelambatan ekonomi global, kata bankir.

Badan Moneter Arab Saudi (SAMA) menurunkan tingkat suku bunga repo menjadi 2,5% dari 3,0%, penurunan kali keempat sejak Oktober.

Langkah itu dilakukan jelang akhir pertemuan Federal Reserve AS yang duperkirakan akan menurunkan suku bunganya lagi dan karena ekonomi Arab Saudi melambat di belakang penurunan tajam harga minyak.

SAMA bereaksi atas ketatnya pasar antar bank karena para peminjam korporasi mencari lebih banyak dana dari bank-bank, sehubungan sumber modal lainnya kering, kata ekonom National Commercial Bank Tamer el-Zayat.

"Di sana tidak diuntungkan dari penurunan suku bunga pertama, kedua dan ketiga dalam membawa suku bunga antar bank turun," katanya kepada AFP. (Ant/OL-01)
This entry was posted on 10:08 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: