Jum'at, 12 Desember 2008

Kelurahan Keparakan Kota Yogyakarta berhasil terpilih sebagai lokasi terbaik monitoring HKG PKK KB-Kes tingkat Kota Yogyakarta tahun 2008 dan berhak maju ke tingkat Propinsi DIY. Kamis (11/12), Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Ketua TP PKK Propinsi DIY bersama tim penilai melakukan kunjungan penilaian ke Kelurahan Keparakan. Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Balai Kajian Sejarah ini tidak hanya mengevaluasi Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tetapi juga mengevaluasi kegiatan posyandu, lingkungan bersih dan sehat, juga kegiatan PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat) pada tataran rumah tangga.

Gusti Kanjeng Ratu Hemas pada kesempatan itu mengatakan, Gerakan pemberdayaan keluarga (PKK) dengan sepuluh program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dan mencapai kesejahteraan keluarga. Untuk mewujudkan hal tersebut Gerakan PKK masih perlu meningkatkan perannya dalam memberdayakan keluarga dalam program keluarga berencana dan pembangunan kesehatan nasional sebagai wawasan untuk membangun keluarga kecil yang sehat dan berkualitas. Kegiatan yang telah dimulai sejak tahun 1994 ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK tanggal 27 Desember 2008. Dengan dukungan keterpaduan lintas sektor kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB di desa, dengan kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus utama sasaran.

Dijelaskan oleh Ibu Tri Kirana Muslidatun, Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Pada evaluasi ini Kelurahan Keparakan menyajikan berbagai program unggulan wilayah, antara lain : Program Kampanye Anti Tembakau, Program pengolahan sampah dengan sistem komposter, gosok gigi, cuci tangan dan kesenian dari anak-anak PAUD. Serta simbolis penanaman pohon rambutan dan mangga sebagai ikon pohon di Kelurahan Keparakan.

Dalam mendukung kegiatan ini TP PKK Kota Yogyakarta juga telah melakukan berbagai kegiatan, yaitu : Lomba ketertiban Pondokan, Sosialisasi UU Pemilu bagi kader PKK, Monitoring kelompok lansia, Gebyar PAUD, Sosialisasi Pengolahan Sampah dan Biopori, Lomba Menu Balita Sehat, dan desiminasi perawatan selama kehamilan dalam acara sarasehan kiat sehat bagi ibu hamil, imbuh Ibu yang akrab disapa Bu Anna Haryadi ini.

Mengangkat tema ‘Dengan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes kita lakukan Aksi Nyata untuk Mewujudkan Keluarga Kecil Sehat Bahagia’ kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan. Diharapkan dengan kegiatan ini akan meningkatkan jumlah kelompok dasawisma dan posyandu dengan kader yang memadai, meningkatkan cakupan layanan kesehatan dan KB bagi keluarga pra sejahtera, meningkatkan jumlah rumah tangga ber PHBS dan meningkatkan kualitas pemberdayaan dan ketahanan keluarga. Dalam kunjungannya ke wilayah kampung Keparakan Gusti Kanjeng Ratu Hemas berkesempatan melakukan simbolis program penanaman pohon rambutan dan mangga.

Kegiatan HKG KB Kes ini nantinya akan dipilih Pelaksana Terbaik Posyandu, Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat, serta Pelaksana Terbaik PHBS di rumah tangga. Masing-masing kategori terpilih dari Kabupaten/Kota akan mewakili propinsi dalam penilaian di tingkat pusat.
This entry was posted on 10:28 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: